Cylinder Head YZ125 untuk Yamaha RXZ – RX-King (Bag – 1)

Cylinder Head YZ125

Cylinder Head YZ125

:P
Maaf kalau gambar di atas ada logo Ebay-nya.. hehe..
Berburu part motor 2 tak di ebay memang asyik lho. ini bukan pertama kalinya saya belanja part di ebay.
sebelumnya saya pernah membeli beberapa karburator bekas yang unik.
Kemarin saya ikut lelang di ebay untuk membeli cylinder head Yamaha YZ125 tahun tua. Dan saya menang pada lelang itu. Dan minggu depan baru akan saya ambil.

Saya ingat waktu abang saya pernah bilang kalo RX King barunya (pada saat itu tahun 1987) bakal menggunakan head belimbing. Dia bilang itu head gokart yang bikin motor kencang. Dan ternyata setelah saya punya motor sendiri, saya baru tahu itu milik motorcross Yamaha YZ125 tahun tua.
Tahun 1998 saya menggunakan head itu pada Yamaha RZR saya. Head keadaan bekas, yang harus dirubah diameter dan squishnya, karena bekas digunakan di RX King.
Efeknya saat itu terutama pada akselerasi mesin. Memang saya merubah squishnya sedikit atas anjuran bengkel Hen’s (di kebun Jeruk), tapi sesuai pengalaman saya, mesin seakan tidak mengalami overheating sehingga tarikannya tetap bagus. Kekurangannya dibanding head standard terutama pada suara mesin yang jadi agak kasar. Hal itu menurut saya wajar, sebab bentuk headnya memang lebih terbuka, sehingga suara mesin terdengar lebih jelas.

Berikut informasi yang saya dapat dari internet :
– Head jenis ini milik Yamaha YZ berpendingin udara (hingga tahun 1980), yang artinya bisa berkapasitas 100cc, 125cc atau 250cc.
– Bentuknya mengadopsi bentuk head motorcross merk Eropa, seperti Bultaco atau Sachs.
– Yamaha juga menerapkan head jenis ini untuk mesin gokart kompetisinya.
– Untuk Jenis YZ125, headnya berdiameter 55mm (keluaran 76 – 78) dan 56 (keluaran 79-80)
– YZ125 keluaran 79 memiliki kode mesin 2X3, sedangkan yang tahun 78 kode mesinnya 1W1
– Untuk digunakan di RXZ, RZR, RXS, RXK atau RX-King letak bautnya tidak masalah (keluaran 78-80).
– Diameter squish tetap harus disesuaikan untuk RX-King. Untuk RXZ/RZR apabila menggunakan head keluaran tahun 1979 tidak perlu merubah squish.
– Ada dua model squish untuk head ini. yang tahun 1978 ke bawah letak busi agak ke belakang, yang tahun 1979 letak businya tepat di tengah.
– Berita dari pedagang spare part di Indonesia yang menyebutkan head ini milik YZ125 keluaran 1987 tidak benar. Sebab YZ125 keluaran 1987 sudah berpendingin air (radiator).
– Head jenis ini mempunyai pendinginan yang baik.

Yup.. nanti kita bahas lagi ya.. :)
Baca Bagian 2

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

38 Tanggapan to “Cylinder Head YZ125 untuk Yamaha RXZ – RX-King (Bag – 1)”

  1. agung Says:

    bos minat nih……… diwariskan kesaya aja bos………..serius………… maharnya brp bos

    • twostroker Says:

      belum mau dijual bro.. belum nyobain, kan motor saya masi di jakarta, saya di luar kota.. Kalo mau coba cari di ebay aja.. YZ125 thn 1978 ato 1979.. OK?
      (Ada yang laen yang bisa bantu? Peminat serius -> Nomor telpon bro Agung ada di saya)

  2. youzob Says:

    caranya gimana Bro yang detail lewat ebay.kok harganya $ n pengiriman barang sampe ke kita?minta no telpNya Bro Twostroker dong biar lebih jelas!thnks

    • twostroker Says:

      Wah.. soalnya kan saya masih di OZ, jadi kirimannya sampe kok. Sepertinya emang agak susah kirim barang ke Indonesia. Banyak yang nolak bro..

  3. adi Says:

    dimana jual deksel belimbing ???????
    thanks..

    • twostroker Says:

      Di eBay.com tapi harus beli secara lelang.. Ongkos kirim kadang tidak masuk akal. . Kalau Head YZ thailand sepertinya banyak di toko variasi.. Ada yang punya informasi?

  4. Dewa Says:

    bos ane kebetulan rencana mau ngambil nih, sekedar memastikan lagi, klo head punya YZ 77-79 kode 1W1 dudukan bautnya langsung plek ga yah sm RX King?

    habis baca ulasan ini ane iseng2 googling dan ternyata YZ dari 80-an sampai sekarang udah pakai radiator alias ga pakai head belimbing, trus yg banyak jual head belimbing di toko variasi Jakarta tuh bikinan mana yah? klo stok lama kok harganya “murah banget” cm 1 jutaan, klo bikinan baru apa itu dr Jepang atau gimana yah? barangkali bos twostroker ada info lebih

    thx

    • twostroker Says:

      Hello Dewa..
      Kalau belinya ga buru-buru bin mau sabar, tunggu kabar dari ane setelah tanggal 25 ya.. soalnya baru pulang ke jakarta tgl segitu.. OK? biar lebih pasti.. seinget ane sih emang langsung masuk. tapi tukang bubut sekarang kan canggih-canggih.. ga masalah toh? asal kubah gak berubah..
      Bener kan? pedagang spare part banyak yang suka bilang itu barang asli jepang.. gak yakin deh..
      Setahu saya, dulu kitaco pernah buat, tapi gak ada cap yamaha- nya. Yamaha thailand ada yang tahun muda, mungkin versi DT, bukan YZ. YZ setelah tahun 1980 mulai pake radiator.
      Yah saya pernah juga ditawarin head yz buatan taiwan dengan harga lebih murah.. Saya belum pernah mencobanya, tapi menurut teman2 saya saat itu , berkualitas bagus kok..
      Saya kalau beli part-part tua di Jakarta pasti lihat reputasi pedagangnya.. Sayangnya pedagang part 2 tak beeputasi baik di Jakarta udah mulai tumbang semua.
      Kalau anda ragu sebelum membeli, selidiki dulu aja.

    • twostroker Says:

      Halo Lagi..
      Sudah saya cocokin, Head YZ kode 1w1 bisa langsung digunakan di RXK 82 saya, ini berarti bisa dipakai di RXZ, RXKing, RXS. Sip..

  5. Dewa Says:

    twostroker Berkata:
    Januari 12, 2010 pukul 2:15 am | Balas

    Hello Dewa..
    Kalau belinya ga buru-buru bin mau sabar, ………………..-edited………………..
    Kalau anda ragu sebelum membeli, selidiki dulu aja.

    wuih fast response nih :D
    hehe…, maka dr itu ane nanya disini, yg variasian sih rata2 patok harga 1,4 – 1,6 klo itu barang Yamaha Japan stok lama kan bisa dibilang murah harganya :)

    ane sih baru mau bangun King yg ada di rumah, baru ngumpulin part2nya dikit2 :D

    thx pencerahannya bos, ntar ditunggu info2 two stroker lebih lanjut

    • twostroker Says:

      Hehe.. fast response? enggak juga lah..
      foto aja dulu headnya, mungkin saya bisa identifikasi..
      1,4 murah ya? dulu tahun 2000 terakhir saya beli yang drat busi tengah 800 ribu kondisi baru tanpa box buat rxking saya. Kalau memang harganya sudah semahal itu, cari bekas nya aja.
      Rasanya sayang kalau beli head semahal itu, toh head standar bisa diatur ulang squishnya.
      Mau bangun rxking ya? kerjain sendiri apa sama bengkel? saya juga mau bangun sendiri rxk 82 saya yang terbengkalai .
      tanggal 16-25 ini saya bakalan gak punya internet..
      maklum mau pulang kampung..

      twostroker ini gak bakalan saya update lagi. nanti mau bikin website sendiri aja, sambil pake iklan.. :)

      Thanks ya mau mampir..

  6. Dewa Says:

    kabar2 bos klo udh launching websitenya, 1,4jt sih mahal buat kantong ane bos :D, ane cm coba bandingin harga blok lokal yg 800rb an dibanding blok stok japan yg bisa smpai 2,5jt lebih, ane buta soal mesin jd kayanya pake bengkel aja cm belom tau mana bengkel yg oke di jkt, klo bangun RXK dibalikin orinya aja bos

    • twostroker Says:

      iya.. mahal ya kalau sampe segitu..
      kalau sampe segitu mending beli yang lain. karburator yang mikuni 28 mm asli misalnya, terus velg racing, disk belakang..
      Jujur aja, cuman kalau buat ngetrek aja sepertinya mesin ga ngedrop daya tahannya, tapi kalau buat hari-hari suara mesin agak berisik lho, soalnya bentuk kisi head agak terbuka.
      Iya RXK nya bakal balik ori, semuanya masi komplit. terakhir rubah king, tapi bosen..
      websitenya masih lama, maklum dana blm siap. tapi nanti pasti dikabarin..
      bengkel di Jakarta banyak kok, asal jangan yang terlalu ekstrim aja.

  7. Dewa Says:

    Akhirnya ane ikutin jejaknya hunting lwt ebay, bener emang ongkos kirimnya ga masuk akal, harga headnya $30 tp shippingnya $40 lebih, total 775rb klo dikurs, termasuk fee jasa pihak ketiga, soalnya ribet klo bikin paypal sendiri, yg ane dapet Y1 1W100, posisi busi agak kebelakang, ane coba emang pas dg dudukan baut blok nya, nah kira2 biar maksimal perlu ada yg disesuaikan ga ya? diameter head kynya agak kecilan 1mm, perlu digedein ga yah?

    • twostroker Says:

      Hehe.. selamat ya..
      Iya emang 57mm diameter aslinya, kalau untuk RXZ, tinggal masuk aja kok.
      Memang harus digedein untuk RX King, tapi tergantung Oversizenya.. soalnya std nya kan 58mm, kalau mau disiapin sampai untuk o/s 100, berarti ya harus 59mm. kalau buat balapan ya harus pas dengan kondisi oversize nya. Satu lagi yang harus diperhatikan, derajat squish. Saya gak gitu paham dengan derajat ini, tapi sepertinya antara 13-15 derajat deh.. soalnya saya sendiri belum mengetahui berapa derajat persisnya offset squish di 1w100 ini.
      Oh? ada pihak ketiga di sini ya? boleh tuh infonya..
      Emang agak mahal, tapi kualitas barangnya lebih bagus daripada yang dijual di pasaran lokal.

  8. Dewa Says:

    thx bos, yg terpasang sih udh os 75, tp ini jg sambil nyari2 yg os 0 :D, pihak ketiga tuh hanya jual jasa pembayaran via paypal bos, soalnya ebay kan minta pakai paypal dan ribet klo bikin account paypal sendiri, di jakarta ada bengkel yg recomended ga bos?

  9. heru sunardi Says:

    bro ane butuh conecting rod/stang seher yz 125 untuk di aplikasi pd rxz…kira2 di jakarta toko yg jual part itu dmn n hrganya brapa.thanks…

    • twostroker Says:

      Wah.. udah susah mas.. biasanya paling pakai daytona aja.. Saya cuman sekali dapet di bonjer 3 itu juga udah lama banget. Sekarang sih gak tau deh.

  10. noim Says:

    bang tu barang masih gag??
    harga brapa?

  11. noim Says:

    kira2 klo ada harganya brapa ya??

    • twostroker Says:

      Ya relatif harganya, kalau kondisi seken ya di atas satu juta masih laku. tapi itu tergantung kondisi juga.
      Kalau baru (orsinil jepang, bukan thailand) bisa dua jutaan lebih. Yang k*taco aja dulu bisa 1,5juta.

  12. lelembut king Says:

    beda jepang n thailan yg kasat mata itu apanya bro???

  13. lelembut king Says:

    dl beli di ebay brapa bang?
    klo ada yg mo lego barang begitu yg bekas bisa kbrin ane bang!!

  14. Dewa Says:

    aktif lagi nih blog nya, :)
    gmn kabarnya nih bro?

    mau modif head nya masih mikirin dananya nih
    sementara dijadiin ganjelan pintu dulu

    hehehe

  15. greatshogun Says:

    bwkakakak. ganjelan pintu. ajeib bener

    ada 2 aja lo gan

    :maho

  16. taufik Says:

    Bro, ane punya king 05..
    dah make head belimbing 79..
    Yg maw ane tanya, koq suara mesinnya jd berisik semenjak diganti ke head belimbing..
    tp tarikannya makin kencang bro..☺☻

    • twostroker Says:

      Kalau suara mesin makin kasar itu pasti, soalnya bentuk siripnya terbuka, menghadap ke atas pula.. Bandingkan dengan sirip head standard yang tertutup dan memiliki karet2. Tapi kalau soal daya tahan, maka head jenis ini gak akan kalah dengan standardnya.
      Perlu jetting ulang karbu, soalnya kompresinya gak jelas jadi berapa jika dipadukan dengan piston + blok RX king.

  17. taufik Says:

    bro, karbunya dah diganti jd mikuni petak ukuran 28..
    Blok nya dah dikorek kulit jeruknya…
    pengapian dinaikkan…
    katanya kalo ditambah paking deksel, suara mesinnya berkurang,,
    Tp sudah ane coba, berkurangnya cuman sedikit bro..
    Ehh… bloknya sdh OS 25..☺☻

  18. afrizal Says:

    Ane ada tuh head yz ama dt 125….busi yng di tengah dan yng miring…ada yng minat gak…..08121526666

  19. doel Says:

    bener bro rizal ada tu head?
    boleh ndak liht dulu alamt y dmn?

  20. dans Says:

    dimana bsa mesan kop blimbing nya tou mas ??

  21. BAJAY THEA Says:

    PUNYA GAK

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

