Two Stroker ?

Hello semua..

Iseng – iseng nulis blog di wordpress. Kalau saya ditanya kenapa judulnya  “Two Stroker” ?

  1. Soalnya saya emang hobby naek motor dua tak (yang bahasa Inggrisnya two stroke).
  2. Ada yang bilang kalau dua tak itu sudah cukup, tapi kalau empat tak  itu kelebihan. Setuju?
  3. Simpel dan kuat.
  4. Asap yang  membuat semangat.
  5. Investasi masa depan.
  6. dan sebagainya..

Ups..

Memang sekarang saya lagi tidak aktif mengendarai motor – motor saya yang ketinggalan beribu-ribu kilometer jauhnya..🙂 maklum lah saya lagi dalam proses mengejar gelar strata 2 di negeri orang.

Tapi itu tentunya tak membuat saya berhenti menjadi seorang two stroker.. dan apa yang saya akan tulis di blog – blog saya selanjutnya adalah ulasan saya akan motor- motor 2 tak yang telah beredar di Indonesia. Mungkin yang akan saya tampilkan pada blog saya pada awalnya adalah hasil browsing internet dan pengalaman saya dalam menangani berbagai macam jenis motor 2 tak dan 4 tak.

Dan semoga tulisan ini bisa dinikmati oleh para two stroker Indonesia

PS:

  • Saya tidak benci 4 tak — tapi lebih suka 2 tak..
  • Mungkin saya gunakan data-data dan gambar dari internet (milik orang lain) untuk sementara waktu.. tanpa niat untuk melanggar hak cipta.. Jika ada keberatan silakan hubungi saya.
  • Kalau nanti  ada artikel saya mengenai 4 tak, itu mungkin karena saya sedang atau pernah punya motor tersebut
  • Suatu saat saya akan pulang kampung lagi.. kangen ketoprak..
  • Bagi yang ingin komentar, tolong jangan terlalu ekstrem ya.. Peace Yo!
  • TTD : TwoStroker

Tag: , , , , ,

65 Tanggapan to “Two Stroker ?”

  1. gia yogistira Says:

    ok dech bro… smoga sukses gelar S2 nya… gw di bandung pecinta 2 tak…

  2. yosafathimura Says:

    Pak…
    Saya juga pecinta kendaraan 2tak.
    Awalnya saya benci kendaraan 2tak (waktu pake karisma n itu motor pertama saya @2005)
    Saya hina2 terus motor 2tak.
    Thn 2008 saya iseng beli motor Suzi Crystal pny tmn saya dg kondisi ancur lebur baik mesin n body.

    mesin: bearing mesin smw oblak, piston oblak
    body: body belakang tinggal 1/2 utk keduanya n cover lampu ancur.

    pas kondisi ancur gt saya coba motor ini, ASTAGA……………
    karisma saya yg masih mulus kinclong g da apa2nya soal tenaga lawan crystal yg dah ancur lebur luar dalam.

    Sejak saat itu saya pake 2tak terus n skrg satria ru120.
    Crystal saya jg dah di restorasi, jd kyk baru.

    Pak, saya minta YM Ato MSNnya donk.
    siapa tau bisa dpt bnyk ilmu wkt ngobrol

    • twostroker Says:

      Halo pak Yos.. met kenal ya..
      email saya sementara ini di mytp2w@gmail.com karena sementara ini saya belum bisa chatting, karena koneksi internetnya masih numpang punya orang..
      Tapi Desember saya pulang kampung kok.. mau terusin proyek Crystal saya yang terbengkalai.. nanti foto2nya saya upload, tapi mau pindah ke blogspot juga..
      Terbukti kan Crystal tune itu kenceng.. 🙂

  3. gosiptutor Says:

    gak nyangka di tahun 2009 ini, masih ada juga penggemar motor 2 tak yang setia. salut !!

    ditengah gencarnya puluhan merk motor 4T dengan tawaran tehnologi yang menjamin iritnya bahan bakar, justru masih ada penggemar motor 2T yang konon gemar sekali mengonsumsi bensin dan oli samping.

    saya sendiri pernah naik RX King selama 2 tahun, sama sekali gak pernah service besar.paling banter bongkar knalpot, sisanya cuman isi bensin dan oli samping

    terbukti dengan kesederhanaannya 2T tetap memikat pecintanya. Bravo 2T

  4. mipur bekasi Says:

    kalau bisa 2 .kenapa mesti 4

  5. maskurmambang Says:

    salam kenal
    wah ada juga blog 2 tak ya
    tapi kebanyakan suzuki ya? merk yang baru saya kenal stelah mempunyai Shogun.
    hehehe…say juga dulu pengguna 2 tak, tapi Yamaha

    ditunggu kunjungan balasannya

  6. Bram Says:

    sy jg tadinya pemakai mtr RXKing..katanya biang polusi atw apalah..tetap sy cinta mesin 2t.

    saya jg walaupun skrg udh punya mtr 4t 2 biji..tetap kangen 2t dan akhirnya terealisasi dgn punya Bravo skrg ini.

    mudah simpel utk d utak-atik.

  7. yulee Says:

    Ternyata dah banyak sedulur jogja yang sudah duluan meramaikan situs ini..
    Gini gan buat semua saja mohon bagi bagi saran pengetahuanya dan ilmunya.
    Saya ada motor suzuki rc 100 tahun 1997, nah itu motor kemarin nggak dipakai sempat satu tahun karena macet ,. Kemarin baru tak perbaiki turun mesin diganti standar lagi karena kemarin sempat oversize 100 pistonya, tapi belum beres semua yang penting sekarang bisa jalan dulu.
    Kondisi body/ chasis masih bagus dan dijamin bersih mulus he he nah rencana motor itu mau tak sedikit modif tampilanya biar keren ikit biar nggak malu2 in di bawa ke kampus.
    Pertanyaanya?
    1. Karburator kan dah bocor sama bagian cuk juga dah aus, kalau diganti katanya bagus pakai tornado, apa benar dan bisa ? atau bagusnya pakai apa??
    2. Pompa oli kemarin waktu dibengkel katanya dimatiin, alias tidak dipakai, nggak tau alasan bengkelnya kenapa aku juga nggak tau yang jelas sekarang pakai gas spontan kabelnya satu aja. Sama bengkel disuruh pakai bensin campur. Nah apa untung ruginya sie pakai bensin campur?
    3. Motor kalau buat jalan sering berteriak sendiri tapi motor tidak bertambah keepatanya. Kata temen itu kampas koplingnya? Kalau ganti habis berapa sekalian mau diganti atau modif manual habis berapa kira2?
    4. Maunya tu motor mau tak modif jadi trail, nah karena urusan dana maunya sie satu persatu dulu, urusan sock bingung, mau pakai, GL-Pro, tiger atau rx king, kalau satria seperti yang disarankan apa nggak terlalau pendek? Gimana tentang kekuatanya?
    5. Bagian belakang bingung mau dibikin monosok atau nggak, nah mohon pertimbanganya, sekalain referensinya bahan atau cara maupun harganya/
    6. Urusan body renana mau tak dandani asesoris trail yang cocok tau g?

    Makasih saran dan informasinya.. salam dari yogya

  8. Bram Says:

    mas twostroker..tolong info soal Suzuki TRS itu penyakit2nya apa2 aja ya? kira2 onderdilnya langka ga tuh ya? terutama jeroan mesinnya.

    • twostroker Says:

      TRS mas Bram? onderdil lebih susah dari bravo 2x lipat.. hehehe..
      Motor rotary ya lebih rumit sedikit mas Bram, power bagus di atas, boros karena banyak orang pengen tarikan bagus di bawah. TRS karbunya ukuran 26 juga.
      Saya sih lebih suka GP100 nya mas.. kecil mantap.. gak boros.. kuat kayak badak..

      • Bram Says:

        O gtu ya mas..tp apa iya karbunya 26? sama dong kya King..RX125 banci aja klo ga salah 24.

        klo GP100 itukan mtr thn 70an ya mas? koq malah bagusan GP ya? kata org2 yg udh biasa pegang mtr tua Jepang jg katanya sih emang bagusan GP. katanya jg sih bagusan rotary..mekanik sy aja bilang klo paham ngiliknya GTO apa KH gtu bs lbh kencang drpd King korekan.

        akhir 70an s/d awal 80an jg katanya lbh laris GP100 d banding TRS. apa krna mesin TRS tanggung? 118 sedangkan GP selain yg 100 ada yg 125. malahan katanya yg 125 krg laku ya d banding yg 100?

        maap nih banyakan tanya..selain ga paham mtr2 2t Suzuki..sy jg ga ngalamin masa2 itu.

      • twostroker Says:

        Iya mas bram, karbu nya gede (26) cuma letaknya ada di bak mesin kanan kalo gak salah.. seperti motor rotary lain..
        Ah.. kalo lawan King yah berat mas.. Kecuali pake Kawasaki AR125.. Terbukti dulu ada “legenda’ AR serba hitam yang misterius yang ngasepin RX-RX di daerah kota. (Waktu saya masih kecil.. hehe..)
        Kalo AR125 teknologiny emang canggih, pake reedvalve iya, pake rotary iya.. Saya pernah pake AR125 umur 7 tahun, o/s 50 gak dikorek aja udah 160 km/jam.
        Motor kecil suzuki itu simpel, bertenaga, cocok dalam kota (gesit irit kayak smash).
        Kalau 125 nya boros mas.. yang 100 oke lah..
        Saya juga nyobain motor2 itu semua ketika tahun 90an mas, waktu ikut bantu2 di bengkel milik almarhum teman sekaligus guru saya.

  9. Bram Says:

    O..jd itu ya penyebabnya knpa GP125 ga selaris yg 100..ya logislah mesin lbh gede otomatis lbh boros bensin..tp power jg udh pasti lbh gede.

    Kalo AR itu knpa ya pake sistim intake dobel gtu..? rotary iya..membran jg iya. pantesan aja ya..bensinnya katanya boros bgt..melebihi King ktanya.

    • twostroker Says:

      AR125 itu motor balap mas Bram..
      Teknologi canggih yang emang disiapin buat GP, tapi kayaknya gak jadi turun GP. Reed Valve efektif untuk putaran bawah, sedangkan rotary yang ngatur untuk putaran atas.
      Bensin boros karena gak kerawat. Parts susah dapetnya jadi banyak yang parah kondisinya.
      AR125 dateng ke indo tanpa purna jual dan riset yang tepat. Importirnya asal jual.
      Kalau lihat di parts katalognya, seingat saya AR125 punya settingan spuyer lebih dari 3 macam untuk setting gir atau knalpot yang berbeda.
      Nah.. yang dipake di indo itu kombinasi yang gak bener.
      Ditambah kasus semacam Bravo, hehee.. karbu gak ada setelan anginnya juga..

      • Bram Says:

        wah..gawat dong tuh berarti dulu ya? Binter ngasal amat yah.😛

        tp klo mesin sehat jg sih sy yakin skrg mungkin msh bs ngimbangin ‘cucunya’ Ninja KRR..mungkin ga ya.

      • twostroker Says:

        Binter import bulet2 dari sana tanpa riset, murni dagang..
        Padahal kalau lihat undang2 konsumen di luar negeri, purna jual nya harus disupport sampai minimal 15 tahun. Jaman itu sepertinya Indonesia belum punya undang2 perlindungan konsumen.
        Emang motor Binter itu kuat2, dan berat2. Saking beratnya untung kalau dikiloin di parung.. hehehe…
        Kalau sama KR yah nyerah mas.. KR kan udah ada KIPS nya (ngatur variable exhaust yang bikin tenaga putaran bawah sampe atas tetap stabil).

  10. Bram Says:

    BINTER=Bintang Terang ya?
    klo ngomongin Binter jd ingat Merzy..punya temen..asik bgt libas tanjakan paling ekstrim jalur Kuningan-Tasik..pdhal wktu itu sy pake King udh mesin kepanasan. tp krg ‘etis’ itukan 4t..qta lg ngomongin yg 2t.😀

    GTOnya jg bagus..sampe skrg msh banyak yg jd angkutan pasar..klo dlu tukang ojek banyak yg pake tuh..sampe ada plesetan GTO=gabungan tukang ojek..😛

    • twostroker Says:

      Kalau saya punya dana lebih buat koleksi binter selain AR125, saya milih KH100.
      KH100 enak dipakainya, gak rewel, velg racing enkei nya pun ada.. modif mesin dikit pasti jadi enak.🙂

  11. Bram Says:

    KH itu yg lbh kecil dr GTO ya? msh pengapian platina ya mas? mtr 2t pake platina apa ga telat tuh pembakarannya?

    • twostroker Says:

      Aku sendiri lupa mas pakai cdi apa enggak.. Tapi seingatku sudah pake CDI mas..
      Pake platina kan asal setel posisi timingnya tepat gak masalah, cuma karena gerakan dan gesekan mekanik itu yang membuat setelan platina gampang berubah ubah. Jadinya nyetel terus kan..

      • Bram Says:

        ya..sepengetahuan sy gtu sih soal platina itu..mesin ga bs d paksa..gas ga mo d paksa mendadak.

        brp kli sy jajal mtr sebangsa Honda CB100, supercub dsb..pas d gas mendadak..pasti mati klo ga ngempos dlu br mo lari..katanya sih karakter mtr pengapian platina kya gtu.

  12. Bram Says:

    kalo Yamaha LS3 sama RS100 bedanya apa ya mas? kayanya tampangnya sama2 aja.

    • twostroker Says:

      Waduh.. kalau yang LS3 saya sendiri belum pernah lihat.. hehehe..
      Tapi RS100 lumayan enak, walaupun rasanya ringkih, gak mantep seperti GP100.

      • Bram Says:

        temen sy ada yg pernah punya tuh RS 100..tp ya gtu..udh ga terawat..udah sering mogok..mendingan bajaj deh😛

        Kalo RX-100 itu emang ada yg msh pake platina ya mas? bedanya ama RS cma d YEIS aja ya?

      • twostroker Says:

        Wah udah gak inget lagi deh mas Bram.. Saya naik RS cuma beberapa kali doang. RX100 pun cuma beberapa kali juga. Maklum dulu gak gitu minat sama motor2 tersebut.
        Mau beli motor tua mas Bram?

  13. Bram Says:

    ya sdkt banyak..saya minat mtr tua mesin 2t itukan paling ga qta bs sdkt2 turun tangan.

    d sekitaran rmh sodara sy d Depok ada bbrp mtr 2t yg tua udh pd ga jln..surat2 kadang ga lengkap..hrganya jg cma ratusan ribu.

    salah satunya Suzuki TRS itu..makanya sy tanya dlu nih d sini.

    ya..pikir sy..drpd kredit mtr baru..hrs DP sekian..trus keluar duit ratusan rb lg buat 3 thn kemudian..mendingan..sy modalin mtr 2t tua. biayanya sama.

    • twostroker Says:

      emang sih motor tua toh lebih kuat dari motor sekarang..
      Minim perawatan asal kondisi baik..
      Tapi saran saya sih, kalau mau nyimpen 2Tak cari yang partnya masih ada. Jadi mas Bram baiknya riset dulu parts2 motor targetnya.
      Kalau toh TRS masih ada spare partnya, mahal gak biaya rebuildnya. Mulai dari kopling set, con rod set, dsb.. Pernah ngejajal gak mas Bram? Kalau menurut saya TRS itu emang mesinnya bagus, tapi motornya gak gitu lincah dan agak boros.
      Pilihan lain apa masih ada?
      Kalau saya masih ada beberapa motor yang belum saya bangun.. Cuma gak sanggup aja harga part dan ketersediaannya. seperti RXZ dan RXK. Yang RXZ dipake ipar dari baru, kondisi lumayan kecuali blok seher karena ditukar bengkel langganannya. Harga bloknya bisa buat beli motor lain, makanya udah males ngebangun sampe punya dana 3 jutaan. Yang RXK surat2nya dibawa maling..😛
      Ati ati sama harga part 2 tak, banyak pedagang kadang bikin harga sendiri.

  14. Bram Says:

    ^iya mas..sy d tawari TRS kondisi msh jln..surat2 lkp tp pajak mati..cma minta hrganya lumayan mahal.

    trus ada LS3..udh lihat barangnya..busuk bgt..karatan d mana2..mogok total..udah d biarin aja d luar kena hujan/panas..kayanya mo d kilo tuh..harganya katanya asal laku aja.

    sama RX125 banci..kondisi jln..surat2 hilang..hrga murah tp mintanya hrga pas.

    selain itu mtr2 4t tua kya CB, C90Z pd pasang hrga gila2an..mentang2 skrg lg trend renovasi mtr retro.

    kalo sekelas RXZ, RXK gtu..sy ga sanggup mas..d luar budget sy.

    • twostroker Says:

      Kalau beli motor yang hilang suratnya mahal ngurusnya mas.. RXK saya juga begitu, makanya gak niat ngurus lagi, nanti kalau punya duit baru diurus.
      Kalau RXZ emang motornya mulai dari 2,5jt sampe tak terbatas. Saya punya aja kondisi gitu ditawar 2,5jt gak dilepas. PErcuma kalau budget pas, hindari motor ini deh. RXK juga mulai mahal partsnya, tapi banyak parts kw.
      Bangun LS3 kayaknya asyik. Karat masih mending asal belum keropos. tapi partsnya susah juga. Itu bisa jadi barang antik. Kalau TRS history valuenya kurang mas.. Lagian LS3 sepertinya udah reed valve, jadi gampang ngerawatnya.
      Kalau budget sejutaan mungkin mending cari GP100 / KH100 mas.
      Kalau mau motor 4 tak yang murah, saya sih suka Honda Win.
      Retro emang keren..

  15. Bram Says:

    trims atas sarannya mas..klo KH ga deh..onderdilnya susah bgt katanya..GP100 jg gtu.

    mungkin klo soal pilihan sy bakalan pilih RX125 mas..onderdil mungkin msh bs substitusi sama King ya..? klo ganti blok ga ya sama King? tp koq katanya msh platina ya..itu aja sih yg ganjalan sy.

    klo yg msh fresh ya TRS keluaran 87..msh bs jln. cma pasang hrganya aja yg agk tinggi minta 2 jutaan..mending sy beli Honda Grand aja sekalian😛

    TRS msh banyak koq mas onderdilnya..cma mungkin bukan yg ori aja..sy tanya2 sama toko2 d sekitaran sy mrk bilang ada.

    • twostroker Says:

      Iya parts motor motor itu harus rajin berburu..
      RX125 ada 3 macem seinget saya. yang twin, ngikut mesin rx100, mirip rxs.
      Nah gitu deh, kanibalnya ya ke motor2 itu.
      Kalau fast moving nya emang masih banyak imitasinya.. Coba tanya blok seher dan rotary nya, dari 10 toko pasti ada minimal 5 yang geleng2 kepala..
      Ya.. Keputusan di Tangan anda..🙂

  16. Bram Says:

    kalo Yamaha yg twin bukannya itu bukannya RS125 mas?

    sekedar tanya..kalo mtr 2t rotary itu yg d korek apa2nya aja mas?

    dulu jaman sy suka ikut trek2an awal 90an..ada GTO yg kenceng..ada perlawanannya jg dia..tp ya lewat jg sama King sy.😛

    klo sy d King dlu cma main blok aja..papas head trus coak ga sampe 1mm inlet/outlet sama porting transfernya aja yg d halusin..namanya jg semi..ya buat iseng2 aja.

    • twostroker Says:

      RX125 juga ada yang twin..
      Yah ampir mirip korekannya..
      tapi yang utama itu di piringan rotarynya. Kita ngatur timing intake dari situ. Yang lain kan papas head, reamer karbu, bobok knalpot udah umum ya..
      Saya gak pernah papas head king sampe lewat 1 mm. Mau ngetrek juga segitu segitu aja. Serem bikin bolong piston.

      • Bram Says:

        katanya kalo katup rotary valve itu main timing hrs brp derajat ya.?

        kalo papas head sy jg dlu ga lbh dr 0,5mm..ya d kira2 ajalah..itu jg msh dobel paking klo lg d pake harian.

        kalo Vespa ga main mas? itukan 2t jg tuh mesinnya? seri PX lumayan bagus2 tuh.

      • twostroker Says:

        Belum pengalaman motong2 rotary mas..
        Biasanya kalau urusan rotary ke tempat senior saya, dia lebih pengalaman, kan jaman saya jaman bebek..
        Vespa ada tuh baru bayar pajak, ada corsa sama pts kecil. Disuruh pake sambil ngerawat sama abang saya. Nanti aja deh ngurus motor vespa nya belum sempet🙂

  17. Bram Says:

    sy pernah lihat karbu Vespa bentuknya panjang gtu..itu isinya apa aja ya?
    apa bener ya mas Vespa d karbunya ada 3 spuyer? spuyer angin, spuyer bensin trus 1 lg apa mas? Vespa jg klo ga salah pake rotary valve ya?

    • twostroker Says:

      Prinsip karbu 2 tak sama aja mas. di Bravo pun sebenernya ada 3 spuyer, spuyer angin, spuyer putaran rendah (pilot) dan spuyer putaran tinggi (main). Cuma spuyer angin kan udah gak ada yang jual.
      Saya belum pernah bongkar vespa.. hehehe.. apalagi yang Corsa 94 ini.. nyobain baru 4 kali, motor masih orsinil, baru jalan 16ribu km. Dipake jalan 4 kali, ditawar orang udah 2 kali di pom bensin terus di warteg..
      Capek lah.. Tapi emang motor nya enak kok, torsinya gede buat tanjakan.

      • Bram Says:

        O..ternyata blm pernah d permak ya Vespanya?😀

        Corsa itu mtr matic pertama d Indonesia ya? keluaran terakhir klo ga salah sy lihat ada yg pake rem disc ya?

        pengen jg nyoba punya Vespa gtu..tp ga paham perlakuannya aja..sy jg trauma pinjem mtr Vespa..brp kli tulang kering apa mata kaki kepentok dek..gara2 ga paham nyelahnya😛

      • twostroker Says:

        Yang pake rem disk bukan corsa.. PX biasa.. Corsa emang motor matic pertama di Indonesia.
        KAlau pake corsa ada starter electricnya kok..
        Saya pun sayang pake Corsa nya, yah kebagian ngerawat aja. Abang saya dapet dari tangan pertama di Jambi.
        Gak nyangka Itu motor lebih bagus daripada NSR pasarannya, punya abang saya aja ditawar 8 juta lho.
        Bakalan jadi collector item tuh motor 2 tak.

  18. Bram Says:

    klo trail gmna mas? ga main mas? klo sy biar d kasih jg ga mau..repot bawanya..emangnya qta tinggal d hutan..eheheh😛

    mtr yg pernah sy cobain ya TS125 punyanya polisi itu..powernya galak bgt..cma repot aja pas ketemu jln macet.

    • twostroker Says:

      Hehe.. saya pernah dibeliin YZ125 tahun 92 warna putih pink, waktu itu tahun 94 ada teman jual butuh.. Motor gak ada STNK pastinya, soalnya Special Engine.. Sampe gigi 4 masih ngangkat ngangkat depannya. Cuma ngeri aja naikin di jalan raya.. akhirnya dilepas ke temen lagi, soalnya gak tahu trail bakal naik daun..🙂
      TS125 itu motor yang ngetop di luar negeri, terutama di negara2 kecil di amerika sana. Yamaha ngetop di Australia.

  19. Bram Says:

    wah..YZ125..top bgt tuh ya!

    mtr trail jaman film Ali Topan dlu sih ngetop..tp jaman itukan JKT blm macet..sejak ada Yamaha RX..semua mtr trail jd krg laku.

  20. nullik Says:

    emang 2 tak gak ada matinya…..

  21. Bram Says:

    apa sih maksud dari deksel pd karbu Vespa? kegunaannya utk apa?

    • twostroker Says:

      Itu istilah jaman dulu kayaknya mas, tapi kok di karbu ya? setahu saya deksel itu kayak cylinder head/ kop di mobil.
      Wah aku juga nggak tahu deh..

  22. Bram Says:

    Bajaj 2t roda 3 itu mesinnya brp cc ya? ada yg bilang 200 ada yg bilang 150=Vespa..ada yg bilang cma 125. mana yg bener tuh ya?

    salut sama kendaaraan yg 1 itu. sampe bs jln k Jawa segala😀

  23. roel Says:

    Salam kenal pak,
    Skalian mau tanya nih….
    kalo satria ru tahun 2001 magnet, koil, dan cdi nya diganti dengan yang punya tornado katanya tarikan motor jadi lebih ok…bener gak ya…? makasih. (dari pertama punya motor tahun 1995 sampe sekarang 2 tak slalu)

    • twostroker Says:

      Halo pak..
      Met kenal juga..
      Saya mau coba jawab pertanyaannya ya..
      Menurut saya hal itu belum tentu benar, berhubung tornado dan satria beda stroke, walau gak banyak bedanya.
      Keunggulan magnet tornado (satu set) itu karena magnetnya bisa digeser2 sehingga timingnya bisa diatur. Sedangkan satria seingat saya gak bisa.
      Mengenai bobot magnet, mungkin satria lebih berat. tapi saya gak tahu pasti.
      Lebih baik ganti sama pengapian satria yang model Hiu satu set.
      Kalau yang terakhir itu memang bagus, tenaga juga tambah bagus.
      Selamat bereksperimen ya..

  24. nano Says:

    Salam kenal,

    Mohon pencerahannya , saya punya motor 2 tak Suzuki TRS (Rotary Valve) dan saya punya masalah dengan tenaga mesinnya, soalnya waktu start bagus, posisi netral mesin oke tapi pas mau masuk gigi tenaga mesin tidak ada sampai gaspun saya tarik ful tidak bisa narik jalan bahkan mesin sampai mati, saya test di posisi netral dan saya gas ful kadang kadang ngempos (mesin mati dan masih hidup). motor itu apa yang salah ya pas masuk gigi kok tenaganya ilang tidak bisa jalanin motor bahkan motor ampe mati, saya check kopling masih bagus. tolong saya kasih penjelasannya motor saya itu masih bisa dibenerin nggak ya terima kasih

    • twostroker Says:

      sorry baru bisa jawab.. lagi susah dapat akses internet sekarang ini..
      saya kurang pengalaman dengan trs, tapi coba:
      1. pengapiannya diperiksa, seperti penyakit koil rusak (panas lalu mati).
      2. periksa pasokan bensin di karbu ->pelampung kurang pas, pilot jet kekecilan.
      3. periksa kondisi seher dan sekitarnya (blok).
      seharusnya dibawa ke bengkel yang punya pengalaman dari tahun 80an mas..

  25. Jiki Says:

    mas… saya sekarang lagi bangun GTO buat trail, kira-kira ada saran knalpot yang paling cocok buat tuh motor gak mas?
    trus buat motor setua itu, yang paling pengaruh ke performa musti ganti apa aja kira-kira ya mas?

  26. Bram Says:

    udah pernah overboss blm? kali aja boringannya jelek. ganti boring aja dlu coba.

  27. callmeURG Says:

    mas… tahu parts substitusi binter AR125 ndak…?
    nyari partsnya susah ampun…..

  28. agung putra sugiantara Says:

    nanya bro,
    aku punya suzuki trs udah kuubah jd trail, tpi tarikan atas ga enak dibawa alias loyo, apanya yg perlu diperbaiki? salam 2tak maju truss..

  29. Yanuar Tha Says:

    mas mo konsul nih, saya punya suzuki crystal tune 1992, dulu sudah pernah ganti CDI tp imitasi, kemarin saya mandiin tuh motor ehhhh malah mogok gamau idup, setelah tak cek gak kluar api, akhirnya aku beliin lg CDI tp asli, api dah kluar, bensin/karbu normal, busi baru tp kok tetep gak mau idup y mas? kira2 apa y masalahnya

    • abramsp Says:

      sy jg pernah ngalamin gtu gan. tp bukan Suzuki; mtr ade sy..Yamaha Vega. ga taunya sambungan kabel bodynya pd kendor. coba cek kabel bodynya satu2.

  30. abramsp Says:

    waduh..udh lama ga main2 ke sini nih. tau2 pas cek email ada notifikasi dri blog ini.😀
    skrg udh ga blh pake 2t lg; ga boleh sama nyonya.😛😛
    *sorry curcol.

  31. abramsp Says:

    sy jg prenah pake King ’91 tahun lalu. tp pake cuma sebulan aja. penyakitnya sih sebenernya sepele. kalo panas kopling ditarik tp masih jalan. ternyata pas di cek tuh lubang bautnya udah slek. sebenernya sih masih enak. kalo pake baut penonjok koplingnya yg agak panjangan aja sih masih enak. cuma sy males benerinnya ya akhirnya ditawarin aja. lumayan jual untung.😀

  32. toni800 Says:

    Iseng muter muter blok “2stroke” terdampar juga kemari. Beruntung ku masih bisa nikmati treng,treng,treng…dimana yang lain kalo gak ‘ngeeeungg’, pasti ‘blar blar blar’ (apaan coba…..)

    salam dari f1zr ’03 1liter 40km ^^

  33. Handoko aditya Says:

    Salam 2 tak sehari2 saya cukup pakai yamaha l2 super dan untuk custom nya saya pakai kh 100..

Tinggalkan Balasan

