This entry was posted on Oktober 25, 2010 at 7:07 pm and is filed under Uncategorized. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
You can leave a response, or trackback from your own site.
Hmm.. boleh pakai C*strol, T*tal, Id*mitsu atau Sh*ll. Yang penting merknya jelas.
Kalau sampai netes dari ujung knalpot biasanya karena setelan oli keborosan atau mungkin gak pernah dibersihin knalpotnya.
Tapi saya sih lebih curiga ke setelan pompa olinya yang terlalu boros, jadi campuran oli/bensin tak terbakar sempurna. ujung2nya nyampai ke knalpot deh.
rc100 bravo ane pake oli samping pertamina mesrania, tarikan enteng gan….
pernah pake castrol cuman awal2 doang mesin kerasa enteng lama kelamaan berat kayak gk mau diajak jalan/lari….
sy bekas pemakai jg RC 100 / RC 100 Sprinter / RC 110 Crystal, cm yg intens dipakai sampai paham karakternya yg Crystal, yg RC 100 sm RC 100 Sprinter belinya blom lama dan sekedar utk nostalgia aja
share pengalaman aja, waktu belum banyak variasi oli 2T ky sekarang, Crystal cm sy kasih Mesran Super kalengan yg dijual di SPBU, ada peningkatan kantong beli Mesran Enviro 2T (low smoke atau smokeless ane lupa) yg dijual di SPBU jg, sempat beralih ke Vistra sm Castrol 2T cm ga bertahan lama balik lagi ke Mesran, pemakaian standar dalam kota (Jogja dan sekitarnya) 1 kaleng habis dalam +/- 1 bulan
yang ane rasakan (terutama saat pakai Crystal), karena full standar, asal pompa oli berfungsi normal trus setelan bensin di karbu jg standar (standar tuh maksudnya sesuai bengkel resmi suzuki) ga akan ada masalah di performa sm larinya
oya, Crystal ane beli dr baru taon 90 sampai dijual taon 2003 blom pernah belah mesin dan oversize cuma pernah sekali ganti kampas kopling, dan servis selalu di bengkel resmi suzuki
pernah minta diiritin bensinnya di bengkel, karena dipakai rute Jogja Solo sekali jalan ga cukup 1 full tank, eh langsung kerasa efeknya hilang larinya, mesin jadi kasar dan seperti gejala overheat
yg ane blom ngerti sebabnya sampai sekarang:
1. tiap gas dibuka mendadak (ditarikin) pasti ada gejala seperti slip kopling, kopling ganti baru pun masih kerasa
2. klo luar kota pindah gigi 3 ke 4 klo gigi 3 blom lebih dari 60 km/jam tenaga bakalan drop dan lama naik lagi, gigi 4 baru kerasa tajinya klo lebih dr 80 km/jam
Wah udah dijual yah crystalnya..
Tapi gak apa kalau dapet sprinter.. itu motor keren mas..
Coba ya kita jawab:
1. Gejala slip kopling seperti itu, coba disetel dulu koplingnya. di baut yang ada di bak mesin sebelah kanan. Kalau toh gak bisa juga, boleh lihat otomatisnya (bongkar).
2. Berarti motornya kan bagus di putaran atas. kalau menurut saya, misalkan sudah pernah dibikin irit (spuyer turun), itu berarti mempengaruhi performa. Saya sendiri kalau nyetel crystal biasanya saya perbesar pilot jetnya sedikit.
Alasannya: cuaca sekarang jauh lebih panas dibanding tahun 90an. pilot jet sedikit lebih besar akan membantu crystal2 mampu berakselerasi lebih bagus. Tenaga yang lebih baik sebagai akibat pembesaran pilot jet gak membuat motor lebih boros kok. Sebab kalau pilot jet kekecilan akan membuat mesin panas dan tenaga kurang buat akselerasi (ini malah boros).
Semoga jawabannya membantu..
jawaban sangat membantu, walaupun udh ga megang tp bisa mengobati rasa penasaran
oya, utk pengguna lainnya apakah kick starter Crystal memang berat?
crystal saya berat klo digenjot, klo cwe yg genjot mungkin ga aka bisa
🙂
kalau ganti dengan kualitas yang lebih baik jelas gak masalah..
kalau ganti yang buruk gak rekomen..
Inget aja titik bakar tiap oli itu beda, daya lumasnya pun berbeda..
slam knal mas,sya doni,shabat saya jg RC 100 S,sya mo nanya mas,g mna ya cra nmbah kcpatan RC,apa mungkin karna minyak nya kekecilan…o y,saya dr padang(sumbar)mksih mas
Salam kenal juga..
saya sudah lama tidak update blog..
awal yang bagus untuk tambah kecepatan itu dari knalpotnya mas..
boleh ganti punya tornado.. begitu pula karbunya pakai tornado juga ok, karena bisa disetel anginnya.
terakhir ganti gir belakang lebih kecil untuk cari top speed lebih.
mas saya lg cari connecting rod v80 dmn y saya bisa dapatkan … saya tinggal di pulogebang jakarta timur mas.. soalnya motor saya sudah lawas bgt stang sehernya… tlng ya mas mksh
halo, salam kenal….apakah masih bisa bertanya ?? saya dari jepara dan sampai saat ini masih punya RC 100 tepatnya Bravo. mau tanya mas, bravo yg sekarang gak lagi reguler saya naiki kok jadi susah dihidupin….motor setiap pagi masih saya panasi tapi belakangan setelah servis malah gak mau idup padahal busi baru diganti…..kira2 apanya ya mas yang kurang kok RC 100 saya gak mau idup…
halo mas ..sya dri jogja jga punya rc 100 udah tk gnti knalpotny,,tarikan jdi beda bgt..
skrng lgi cari karburator tornado tp blum dpt2 juga,..
selain itu apalagi ya yang paling berpengaruh buat perfoma mesin??
Udah pernah bongkar swing arm belakang rc?
Nah kalau udah pernah pasti kelihatan susahnya bikin dudukan monosok di pelat tipis..
Ayam jago beli punya FU.. Pas kok..
pagi mas bro..
suzuki bravo ane taun 96 beli bekas dulu taun 2003′an..dari taun 2003 cuma ganti kampas kopling 1x pake indopart..performa naik lg c tapi g lama..
sekarang tenaga dh apa adanya.. 😦
ane dh pakein 9power di kabel businya, nyampurin aditif ke bensinya..ame pernah nyampur cairan nano energizer ke oli samping..tapi masi kurang aja tenaganya.. 😦
elektrik starter juga dh g ngangkat..
kira2 ada saran g biar performa bravo ane naik lagi..
thx bro..
Coba periksa reed valve nya.. yang suka nyampur oli itu biasanya malah bikin reed valve gampang renggang.. Kalau kebanyakan campur oli, bisa ketahuan dari reed valve.
Bikin squish di head.. cari tukang bubut yang bisa..
MAksudnya? kalau kunci kontak dimatiin masih idup? boleh periksa kerak knalpot.. biasanya numpuk puk..
ATau bisa juga skep karburator nyangkut.. periksa kabel karbu juga boleh..
salam kenal mas saya moko dari jateng..mau tanya crystal tune saya oli samping pake C*strol active oli mesin pake Shell H*llx bagaimana dengan dampak mesin nya nanti apakah beda merek juga bisa mengakibatkan dampak tertentu pada mesin ….terimakasih..
Oli samping pilihan anda udah bagus kok.. cuman ati2 nyetel pompa oli ya.. kalau udah pakai tipe low smoke, kebanyakan mekanik yang belum paham menganggap setelan oli terlalu irit. Nah makanya malah diborosin. KAlau terlalu boros malah bikin ring seher cepet aus..
1. oversize bikin suara kasar bisa karena banyak hal. bisa dari tukang korter yang pengerjaannya gak center, celah(gap) seher dan dinding cylinder terlalu besar. Nah kalau salah satu dari dua hal di atas itu terjadi, maka ringseher cepet aus.. Oblak berarti kasar kan.. periksa lagi aja. Setahu saya jaman dulu gak ada seher sgp oversize 25. Itu merek apa? indoparts?
2. Ah.. kalau mesin sehat aja bisa sampai 120kpj kok. Rajin ngerawat aja..
mas…saya punya RC100 bravo 95″…..modif trail..
Spek y ..
Mesin OS 75 and standart mas….knalpot model kolong..intake y made dewe+ tbung YES RX King..pke karbu PWL 28…..tp g nendang mas….kira2 karbu pa yg enak d pkai y mas
Kalau udah bisa bikin intake yang permanen, reed valvenya kalau bisa sekalian diganti, minimal punya satria 120. atau pakai rx-s aja sama karbunya sekalian.
Inget ya bikin intake jangan model pake selang karet diklem. bahaya..
Ma.af mas saya lutvi dari GRESIK,saya punya sahabat rc 100 dan saya mau ngasih motor cristal saya memakai karburator yamaha rx 100 apakah bisa untuk dipasang dan apakah mesin tidak bermasalah bila karbunya sudah dipasang,karna saya mau nambah kecepatan di arena balap
JAngan balap liar ya..
harusnya bisa, tapi lebih baik intake manifoldnya dicocokin dulu, karena punya crystal cuma 16mm. rx100 mungkin 20 atau 22mm.
Bawa ke tukang bubut yang punya las babet. Hati hati ketinggian karbu jangan sampai mentok blok mesin ya.. bocor bisa kebakaran. Sering lihat kejadian seperti itu di arena balap dulu..
Slm kenal,
mas, knalpot apa yg kira2 cocok ama RC 100? Krn udh cari keliling kota balikpapan gak ada. Pd nawarin pny Crystal.
Lalu, klo mo psng cakram, kudu ganti velg y, Dan modif batok atas? Kira2 ckp ganti tabung z ato smua? Pny mtr apa yg cocok?
Oiya, RC sy thn 94 .
Terimakasih,
iya.. pakai punya crystal gak apa.. pilot jet mungkin naik 2,5.
Iya harus ganti tromol depan yang pakai disk. Ganti tabung? saya gak inget yang sama ukurannya. tapi dulu ada yang pakai punya tabung f1z sama tromol f1z juga.. Tetep harus ngakalin..
permisi gan ., kya nya sepi bgt 🙂 … Saya cuma mau nanya nih , sya mau modif rc100″bravo” saya jadi ala sprinter … Kira” ganti apa aja ? Btuh biaya brp ya mas ? …salam bravo 🙂
yang perlu diganti biar mirip:
Sokbreker depan satu set sampai setangnya, kedok lampu, braket lampu, speedometer, saklar kiri kanan, kunci kontak, bodi tengah + grill tutup box filter,jok, buntut belakang, behel, lampu belakang, kunci jok, sen (4 buah)
Terlalu banyak kan?
Dan barangnya udah langka dan mahal.. selamat berburu. Maaf, ini bukan sepi.. saya udah gak aktif ngurus blognya.. 🙂
banyak juga ya mas … Oya mas ,sya punya msalah sama mtor bravo sya … Sya baru beli Aki lgsung sya pasang …tp knp lampu”nya ttep ambil dr mesin ya mas ? Jd Aki nya cuma brdampak di double starter nya aja gitu mas ..smpe skrg aki nya ga kepake lg
mas mo tanya soal rc 100,, klo mesin dingin sulit hidup mskipun udah tarik cuke,,
hingga ampe ganti karburasi,,,
tiap dingin atau berhenti kurang lebih 1 jam sulit hidup,, tp lok udah hidup tiap kali engkol langsung nyala,,,,
@itu apanya yg harus dicek lg ya atau dganti,,,
lok sil as kruk ciri rusaknya gmna,,,
tolong dbantu ya mas,,,,
Banyak faktornya mas.
Lebih baik bawa ke bengkel. kalau mau coba sendiri, mungkin baut setelan kopling bisa disetel. Letaknya di bak kopling, setel pakai kunci pas dan obeng min.
ane pakai RC Bravo 96, kmren abis beli karbur tornado merk Taiyo, pas dipasang putaran mesin g bisa stasioner dan klo digas langsung ngempos dan mati.
gmn cara settingnya ? mohon sharingny…
Yah, itu barang kw mas,
setting agak repot. coba setel pelampung dulu, lalu mulai deh sesuaikan spuyer2nya.
Setelan angin ada gak? coba angin disetel juga.
mumpung lagi pasang karbu, sekalian periksa reed valve (membran nya).
Ke dealer mas, minta tolong beli di dealer. biasanya kita kasih dp lalu mereka pesan (indent).
Kalau gak ada, beli seal pompa oli aja, biasanya toko spare part sudah paham.
Coba ke daerah ciledug, jakarta. semoga speedshop di sana masih jual.
Kalu gak dapat, bikin custom aja di tukang bubut / cetak babet.
Biasanya kita bawa reedvalve, karbu dan karet intake yang mau dipakai. Nanti mereka akan buat malnya, baru cetak deh.
Mas Edo,
Lebih baik menggunakan motor sejenis saja, kalau bisa Crystal Tune thn 92/93 yang masih model kolong.
Kalau pakai ninja volume terlalu besar, performa akan lebih jelek dari standar.
Selain itu ground clearence/ jarak terendah ke tanah juga tidak sesuai. RC bukan motor tinggi seperti ninja mas, apalagi letak exhaust ada dibawah (khas motor bebek).
Silencer ninja pun tidak baik digunakan di RC. Juga terlalu besar.
Kalau memang motornya sudah modifikasi total (misal porting, exhaust tinggi, karbu besar, reed valve besar, sudah bore up) lebih baik custom alias bikin sendiri karena beli di toko belum tentu ada. Kalau mau pakai knalpot milik motor lain, cari yang cc-nya tidak terlalu jauh bedanya, misal crystal, tornado, f1z. Ingat ya, kalau sudah ganti knalpot harus setel karbu lagi, mungkin ganti pilot jet atau main jet.
Semoga informasinya membantu.
mas motor rc jika oper gigi, kopling harus tetap ditahan dikit, padahal setelan kopling sudah pas, jika persneling langsung dilepas mesin langsung mati, mintak solusinya
Hehe.. kayak pakai kopling kaki (jedek) ya? waktu start aja kan kasusnya?
coba setel lagi setelan kopling nya, kalau tidak bisa periksa otomatis (per per diganti, lihat mangkuknya, dsb) dan ketebalan pelat juga diperiksa.
Salam kenal bro..
GX memang dari sananya knalpot lurus.. GS model ‘sedikit racing’..
Tapi knalpot lurus kalau diubah model terompet plus glasswool layaknya rx king standar racing kan bagus bro..
Teman saya dulu sekitar tahun 1996 pernah ada yang rubah manual dan adopsi rumah kopling grand, tapi saya sendiri belum pernah test.
katanya harus ganjal paking di bak kopling cukup banyak.
Mungkin di jaman sekarang lebih simpel. cukup ke tukang bubut bikin adaptor (spacer) bak kopling dari alumunium dan rubah manual.
manifold nya buat dari babet ke tukang bubut..
Kalau mau beli jadi ya sudah susah ketemunya.
Ada dua versi yang pernah saya tahu beredar di Jakarta. Yang satu racing kit team Suzuki yang dipakai oom Chia dan satunya lagi buatan lokal.
Saya punya yang racing kit, isinya pakai reed valve RM, karetnya ada dua model 26/30mm juga dari RM/ Yamaha YZ tua. Ini koleksi saya yang saya simpan buat contoh kalau mau buat yang untuk 20/24mm.
Yang buatan local dulu bisa pakai karbu king. tapi kalau pakai karbu rgr mentok blok jadi sering kebakaran.. hehe..
Memang karbu standar nya kenapa?
Mulai main di saringan knalpotnya dulu, mampir mampir ke tukang las, cari pipa tipis untuk suara lebih garing. Tambah atau kurangi lubang, ubah panjang pipa, dsb..
Suzuki dijamin lebih awet mas. jalur oli sampingnya banyak dan langsung ke kruk as. merek lain cuma ke karbu saja.
Kalau mau irit bikin lubang tambahan di crankcase. cara ini harus belah mesin.
Salam kenal, sy d surabaya, kalo mau merubah suara knalpot bravo 2002(agak ngebass) menjadi seperti rc dk (treng teng teng), apanya yg musti diganti mas, trm ksh…..
Salam kenal semua…..W pnya bravo rc100 peninggalan mertua….Tp kondisi acak2an…..Terutama pelistrikannya…..para master bisa bntu ga menjelaskan fungsi kabel2nya
mas, Rc 100 kl dipasang kopling tangan apa dikepala ( totok ) nya bisa dilubangin buat taruh tuas koplingnya? kayaknya ngepres banget sama holdernya? apa holder dan seignnya bisa berfungsi ya kl dipasang kopling tangan? makasi
Makasi gan atas jawabanx, maap bru koment lagi, rc 100 sy uda dipasangin kopling tangan, tp kl dikopling masi tetap jalan, apa oti pertanda kampas koplingnya abis,?kl kecepatan tinggi kyk ada grjala selip dan agak nahan, kl kampas abis bisa pake punya indopart gk gan apa harus Sgp? Makasi banyak gan atas jawabanx n perhatianx
Oke mas, perlu diperhatikan juga mekanisme “setut” nya (tonjokkan). Otomatis kopling sudah dimatikan kan?
Tapi memeriksa kampas kopling adalah ide yang baik. SGP jelas lebih baik walau harga mungkin double. Ada produk daytona yang mungkin masih bisa anda dapatkan di speedshop tertentu.
gan gua punya RC100 udh lama banget mati gak di pakek,, nah sekarang gua nyoba hidupin lagi udh gua lemer jadi RC110 crystal ovs 100, karbu baru, CDI dan kawan2 baru. Permasalahan nya stelah gua rakit motor sempet hidup trus selang beberapa hari skrang gak mau hidup sama skali, cuma nembak + engkol nya balik (bhasa gua “bandil”),,,,tolong di bantu gan
mas saya mau tanya…,motor rc100 saya klo habis pemakaian tak standart tengah kok olinya merembes dikit” ya..,itu kenapa lama” makin banyak…,itu oli sampingnya ato oli mesinya..,ngrembesnya dari mesin bawah di bagian stadart tengah..,itu juga banyak olinya yang menggumpal..,
mas saya mau nnya , saya kan punya motor suzuki bravo rc 100 thn 87 nah motor saya itu udah lama gak di pake , terus terakhir di pake thn 2009 dan motornya udah gk di pake selama 5 thn , apa masi bisa gk mas motor saya di hidupin lagi ? / di perbaiki ?
Bisa mas..
cuma dipastikan tangki bensin dan oli samping dikuras, lihat kondisi selangnya juga, jika perlu diganti.
Blok mesin dibongkar dan dikasih pelumas, oli mesin diganti, knalpot dan karbu dibersihkan (Servis besar).
ISi bensin, oli samping.
bensin bagus oli lancer tinggal lihat kompresi, listrik dan periksa kabel-kabel listrik. Start deh.. 🙂
Kalau ban biasanya ganti baru aja.. udah 5 thn gak dijalanin pasti karet mati mas..
Selamat mencoba..
apakah dudukan mesin cristal dan rc 100 bravo sama? ini ada temen jual rangka trail cristal, rencana mau saya pakai buat rc100 tahun 97 saya, bisa gak ya?
Salam kenal dari cirebon kota . Mau tanya nih . Suzuki rc100 kenapa ya klo di gas pul nge gerung … fklter dah saya pasang . Apa gejalanya di stelan olsam terlalu irit .tarikan pertama sih mtor minta nya terbang2 ajah tapi ketika tafikan panjang nya klo gas di full ngegerung
baru pasang kampas kopling baru non ori…….tarikan lebih nyut tapi kok masih ada gejala selip kopling sedikit….apakah karena faktor non ori memamng seperti itu?
lebih baik beli bekas, karena bahan babet body karburator lokal jelek.
Resiko beli bekas memang ada, tapi bisa diperbaiki, misal: harus dibubut supaya rata lagi pada bagian intake manifold (atau bisa di double gasketnya), ganti isi karbu (repair kit), ganti gasket, dsb.
Banyak bengkel di bandung yang pasti bisa perbaiki.
Oktober 25, 2010 pukul 11:21 pm |
wah yg lama bs d buka d mna archivenya?
Oktober 26, 2010 pukul 1:29 am |
Justru itu.. lagi dipikirin.. hehehe 😛
Oktober 27, 2010 pukul 5:25 am
wah..sy bukan org IT sih..jd ga bs bant..
bikin aja linknya jd bgtu org klik yg lama akan masuk k sini. gmna caraya tuh ya?
Oktober 31, 2010 pukul 2:37 pm
yah sementara kita2 aja yang ngobrol di sini dulu mas Bram..
🙂
Oktober 27, 2010 pukul 9:14 am |
mau nanya mas … oli samping yang bagus untuk rc100 apa ya?
sekarang pakai yamalube 2t, tapi oli sering netes dari ujung knalpot, kenapa ya mas?
Oktober 27, 2010 pukul 1:41 pm |
Hmm.. boleh pakai C*strol, T*tal, Id*mitsu atau Sh*ll. Yang penting merknya jelas.
Kalau sampai netes dari ujung knalpot biasanya karena setelan oli keborosan atau mungkin gak pernah dibersihin knalpotnya.
Tapi saya sih lebih curiga ke setelan pompa olinya yang terlalu boros, jadi campuran oli/bensin tak terbakar sempurna. ujung2nya nyampai ke knalpot deh.
Desember 6, 2015 pukul 7:01 am |
rc100 bravo ane pake oli samping pertamina mesrania, tarikan enteng gan….
pernah pake castrol cuman awal2 doang mesin kerasa enteng lama kelamaan berat kayak gk mau diajak jalan/lari….
Mei 31, 2016 pukul 12:18 am
Pertamina sekarang sudah lebih baik untuk penggunaan harian.
Oktober 31, 2010 pukul 7:30 am |
sy bekas pemakai jg RC 100 / RC 100 Sprinter / RC 110 Crystal, cm yg intens dipakai sampai paham karakternya yg Crystal, yg RC 100 sm RC 100 Sprinter belinya blom lama dan sekedar utk nostalgia aja
share pengalaman aja, waktu belum banyak variasi oli 2T ky sekarang, Crystal cm sy kasih Mesran Super kalengan yg dijual di SPBU, ada peningkatan kantong beli Mesran Enviro 2T (low smoke atau smokeless ane lupa) yg dijual di SPBU jg, sempat beralih ke Vistra sm Castrol 2T cm ga bertahan lama balik lagi ke Mesran, pemakaian standar dalam kota (Jogja dan sekitarnya) 1 kaleng habis dalam +/- 1 bulan
yang ane rasakan (terutama saat pakai Crystal), karena full standar, asal pompa oli berfungsi normal trus setelan bensin di karbu jg standar (standar tuh maksudnya sesuai bengkel resmi suzuki) ga akan ada masalah di performa sm larinya
oya, Crystal ane beli dr baru taon 90 sampai dijual taon 2003 blom pernah belah mesin dan oversize cuma pernah sekali ganti kampas kopling, dan servis selalu di bengkel resmi suzuki
pernah minta diiritin bensinnya di bengkel, karena dipakai rute Jogja Solo sekali jalan ga cukup 1 full tank, eh langsung kerasa efeknya hilang larinya, mesin jadi kasar dan seperti gejala overheat
yg ane blom ngerti sebabnya sampai sekarang:
1. tiap gas dibuka mendadak (ditarikin) pasti ada gejala seperti slip kopling, kopling ganti baru pun masih kerasa
2. klo luar kota pindah gigi 3 ke 4 klo gigi 3 blom lebih dari 60 km/jam tenaga bakalan drop dan lama naik lagi, gigi 4 baru kerasa tajinya klo lebih dr 80 km/jam
sekedar berbagi pengalaman…
😀
Oktober 31, 2010 pukul 2:35 pm |
Wah udah dijual yah crystalnya..
Tapi gak apa kalau dapet sprinter.. itu motor keren mas..
Coba ya kita jawab:
1. Gejala slip kopling seperti itu, coba disetel dulu koplingnya. di baut yang ada di bak mesin sebelah kanan. Kalau toh gak bisa juga, boleh lihat otomatisnya (bongkar).
2. Berarti motornya kan bagus di putaran atas. kalau menurut saya, misalkan sudah pernah dibikin irit (spuyer turun), itu berarti mempengaruhi performa. Saya sendiri kalau nyetel crystal biasanya saya perbesar pilot jetnya sedikit.
Alasannya: cuaca sekarang jauh lebih panas dibanding tahun 90an. pilot jet sedikit lebih besar akan membantu crystal2 mampu berakselerasi lebih bagus. Tenaga yang lebih baik sebagai akibat pembesaran pilot jet gak membuat motor lebih boros kok. Sebab kalau pilot jet kekecilan akan membuat mesin panas dan tenaga kurang buat akselerasi (ini malah boros).
Semoga jawabannya membantu..
November 9, 2010 pukul 2:25 am |
jawaban sangat membantu, walaupun udh ga megang tp bisa mengobati rasa penasaran
oya, utk pengguna lainnya apakah kick starter Crystal memang berat?
crystal saya berat klo digenjot, klo cwe yg genjot mungkin ga aka bisa
🙂
Desember 23, 2010 pukul 3:02 pm |
Halo, salam kenal semuanya
Desember 24, 2010 pukul 11:05 pm |
Met kenal juga..
Desember 26, 2010 pukul 1:09 am |
salam kenal.aku mantan pemakai suzuki seri RC,tornado GX100,
Desember 28, 2010 pukul 2:19 pm |
Halo juga.. selamat ber-RC ria..
Desember 30, 2010 pukul 5:23 pm |
halo..mas klo suka gonta ganti oli samping ada efeknya buat mesin gak?
Maret 15, 2011 pukul 1:48 pm |
kalau ganti dengan kualitas yang lebih baik jelas gak masalah..
kalau ganti yang buruk gak rekomen..
Inget aja titik bakar tiap oli itu beda, daya lumasnya pun berbeda..
Juli 24, 2011 pukul 7:25 pm |
apakah masih bertanya disini? 🙂
Juli 25, 2011 pukul 7:29 am |
hehe sorry, maksud saya ‘apakah masih bisa bertanya’..kok sepi banget ya mas
Agustus 6, 2011 pukul 8:14 am |
slam knal mas,sya doni,shabat saya jg RC 100 S,sya mo nanya mas,g mna ya cra nmbah kcpatan RC,apa mungkin karna minyak nya kekecilan…o y,saya dr padang(sumbar)mksih mas
Desember 5, 2011 pukul 1:48 pm |
Salam kenal juga..
saya sudah lama tidak update blog..
awal yang bagus untuk tambah kecepatan itu dari knalpotnya mas..
boleh ganti punya tornado.. begitu pula karbunya pakai tornado juga ok, karena bisa disetel anginnya.
terakhir ganti gir belakang lebih kecil untuk cari top speed lebih.
September 3, 2011 pukul 8:52 am |
mas saya lg cari connecting rod v80 dmn y saya bisa dapatkan … saya tinggal di pulogebang jakarta timur mas.. soalnya motor saya sudah lawas bgt stang sehernya… tlng ya mas mksh
Mei 2, 2014 pukul 9:43 am |
hmm.. order ke dealer gak ada lagi ya?
coba ke Ayah motor, di batusari, Kebon Jeruk Jakarta barat
November 16, 2011 pukul 2:07 am |
knpa gk prnah update ya??
Mei 2, 2014 pukul 9:41 am |
udah gak aktif mas.. maaf ya..
Desember 7, 2011 pukul 3:41 am |
halo, salam kenal….apakah masih bisa bertanya ?? saya dari jepara dan sampai saat ini masih punya RC 100 tepatnya Bravo. mau tanya mas, bravo yg sekarang gak lagi reguler saya naiki kok jadi susah dihidupin….motor setiap pagi masih saya panasi tapi belakangan setelah servis malah gak mau idup padahal busi baru diganti…..kira2 apanya ya mas yang kurang kok RC 100 saya gak mau idup…
Mei 2, 2014 pukul 9:41 am |
coba lihat setelan pelampung karbu, reed valve, pengapian. busi pakai bp7 buat periksa..
Desember 21, 2011 pukul 2:51 am |
halo mas ..sya dri jogja jga punya rc 100 udah tk gnti knalpotny,,tarikan jdi beda bgt..
skrng lgi cari karburator tornado tp blum dpt2 juga,..
selain itu apalagi ya yang paling berpengaruh buat perfoma mesin??
Mei 2, 2014 pukul 9:40 am |
Wah.. karbu tornado cari di pasar loak banyak biasanya mas..
coba setel pengapian.. geser magnet dikit.. (tapi perlu ubah dudukannya pake bor)
Januari 15, 2012 pukul 5:06 am |
saLam kenal sebelumx…saya baru beli RC 100 DK.
kira2 kalo saya pasang knalpot racing/telo, cocok apa gak ya mas…trus perlu perubahan setingan gak yach ???
makasich sebelumx….
ZamZam-Samarinda
Mei 2, 2014 pukul 9:38 am |
mesin tidur gak bagus pakai telo,
Bentuk Leher knalpot gak sesuai. mending bikin model crystal tune tahun 92..
Januari 20, 2012 pukul 7:40 am |
mau modifikasi shock depan sama monoshock belakang suzuki rc 100 tahun 1997
ada saran g? shock depan pinginya ayam jago..
Mei 2, 2014 pukul 9:37 am |
Udah pernah bongkar swing arm belakang rc?
Nah kalau udah pernah pasti kelihatan susahnya bikin dudukan monosok di pelat tipis..
Ayam jago beli punya FU.. Pas kok..
Februari 12, 2012 pukul 2:29 am |
pagi mas bro..
suzuki bravo ane taun 96 beli bekas dulu taun 2003′an..dari taun 2003 cuma ganti kampas kopling 1x pake indopart..performa naik lg c tapi g lama..
sekarang tenaga dh apa adanya.. 😦
ane dh pakein 9power di kabel businya, nyampurin aditif ke bensinya..ame pernah nyampur cairan nano energizer ke oli samping..tapi masi kurang aja tenaganya.. 😦
elektrik starter juga dh g ngangkat..
kira2 ada saran g biar performa bravo ane naik lagi..
thx bro..
Mei 2, 2014 pukul 9:33 am |
Coba periksa reed valve nya.. yang suka nyampur oli itu biasanya malah bikin reed valve gampang renggang.. Kalau kebanyakan campur oli, bisa ketahuan dari reed valve.
Bikin squish di head.. cari tukang bubut yang bisa..
Februari 24, 2012 pukul 3:05 am |
Mas, ada email yg bisa dihubungi? Thx
Februari 27, 2012 pukul 12:41 am |
saya punya rc 100 ko gak di gas msh jalan apa spuyer nya yag rusak?
Mei 2, 2014 pukul 9:31 am |
MAksudnya? kalau kunci kontak dimatiin masih idup? boleh periksa kerak knalpot.. biasanya numpuk puk..
ATau bisa juga skep karburator nyangkut.. periksa kabel karbu juga boleh..
April 20, 2012 pukul 3:30 pm |
salam kenal mas saya moko dari jateng..mau tanya crystal tune saya oli samping pake C*strol active oli mesin pake Shell H*llx bagaimana dengan dampak mesin nya nanti apakah beda merek juga bisa mengakibatkan dampak tertentu pada mesin ….terimakasih..
Mei 2, 2014 pukul 9:29 am |
Oli samping pilihan anda udah bagus kok.. cuman ati2 nyetel pompa oli ya.. kalau udah pakai tipe low smoke, kebanyakan mekanik yang belum paham menganggap setelan oli terlalu irit. Nah makanya malah diborosin. KAlau terlalu boros malah bikin ring seher cepet aus..
September 29, 2012 pukul 5:27 pm |
salam kenal ‘tuk semua.
saya masih setia dgn rc 100 saya.sejak bijrah dr medan 1995 k Bogor,sampai sekarang.
byk sudah kenangan hidup dgn rc100 & tornado gs saya.
November 21, 2012 pukul 6:30 am |
Salam knal mas
sya pya rc sprinter thn 89 warisan sih dr almarhum ayah sya. mw tyk nih.
1.kalaw kreta sdh oversize 25 knapa suaranya lbh kasar.
2.mas klw mw bwt rc sprinter lbh wus d jalanan.
Mei 2, 2014 pukul 9:26 am |
1. oversize bikin suara kasar bisa karena banyak hal. bisa dari tukang korter yang pengerjaannya gak center, celah(gap) seher dan dinding cylinder terlalu besar. Nah kalau salah satu dari dua hal di atas itu terjadi, maka ringseher cepet aus.. Oblak berarti kasar kan.. periksa lagi aja. Setahu saya jaman dulu gak ada seher sgp oversize 25. Itu merek apa? indoparts?
2. Ah.. kalau mesin sehat aja bisa sampai 120kpj kok. Rajin ngerawat aja..
November 21, 2012 pukul 12:50 pm |
Mas kalaw oli mesin yg cocok untuk sprinter yg merek apa?
Maksimalnya brp lma d ganti?
Mei 2, 2014 pukul 9:21 am |
Wah.. oli apa aja, yang 20-50 cukup. pilih merek yang bagus aja. 2 tak bisa 2bulan sekali juga gak apa.. tergantung pakainya berapa jauh..
Desember 20, 2012 pukul 2:00 pm |
mas…saya punya RC100 bravo 95″…..modif trail..
Spek y ..
Mesin OS 75 and standart mas….knalpot model kolong..intake y made dewe+ tbung YES RX King..pke karbu PWL 28…..tp g nendang mas….kira2 karbu pa yg enak d pkai y mas
Mei 2, 2014 pukul 9:20 am |
Kalau udah bisa bikin intake yang permanen, reed valvenya kalau bisa sekalian diganti, minimal punya satria 120. atau pakai rx-s aja sama karbunya sekalian.
Inget ya bikin intake jangan model pake selang karet diklem. bahaya..
Januari 24, 2013 pukul 5:22 pm |
Ma.af mas saya lutvi dari GRESIK,saya punya sahabat rc 100 dan saya mau ngasih motor cristal saya memakai karburator yamaha rx 100 apakah bisa untuk dipasang dan apakah mesin tidak bermasalah bila karbunya sudah dipasang,karna saya mau nambah kecepatan di arena balap
Mei 2, 2014 pukul 9:17 am |
JAngan balap liar ya..
harusnya bisa, tapi lebih baik intake manifoldnya dicocokin dulu, karena punya crystal cuma 16mm. rx100 mungkin 20 atau 22mm.
Bawa ke tukang bubut yang punya las babet. Hati hati ketinggian karbu jangan sampai mentok blok mesin ya.. bocor bisa kebakaran. Sering lihat kejadian seperti itu di arena balap dulu..
Februari 25, 2013 pukul 1:00 pm |
Slm kenal,
mas, knalpot apa yg kira2 cocok ama RC 100? Krn udh cari keliling kota balikpapan gak ada. Pd nawarin pny Crystal.
Lalu, klo mo psng cakram, kudu ganti velg y, Dan modif batok atas? Kira2 ckp ganti tabung z ato smua? Pny mtr apa yg cocok?
Oiya, RC sy thn 94 .
Terimakasih,
Mei 2, 2014 pukul 9:14 am |
iya.. pakai punya crystal gak apa.. pilot jet mungkin naik 2,5.
Iya harus ganti tromol depan yang pakai disk. Ganti tabung? saya gak inget yang sama ukurannya. tapi dulu ada yang pakai punya tabung f1z sama tromol f1z juga.. Tetep harus ngakalin..
Maret 22, 2013 pukul 2:02 am |
Numpang nanya masdab, apa bisa seher satria 120 atau rgr dipake trs x2? Stang seher dan pen sehernya sama nggak? Apa aja yg mesti diganti?
Mei 2, 2014 pukul 9:09 am |
gak rekomen untuk melakukan hal seperti itu.. boring tambah tipis..
Mei 2, 2014 pukul 9:34 am |
gak rekomen, boring tambah tipis..
Maret 23, 2013 pukul 4:31 am |
Blognya msh aktif gak ya, mana penghuninya? Sepi
Mei 2, 2014 pukul 9:08 am |
hehe.. saya udah gak ngurus blog.. maaf..
Februari 14, 2014 pukul 2:38 am |
mas gmna cranya spya mesin pda saat d pkai jauh tdak cpat pnas walaupun seccernya itu operces besar n bbmnya gk boros saat mesin panas
Mei 2, 2014 pukul 9:07 am |
paking blok bawah didobel.. atau bikin squish di head..
Maret 7, 2014 pukul 2:53 am |
mas mau tanya kalau mesi motor rc 100 saya kalau mau di starter pasti slip itu apanya yanag hars di perbaiki
Mei 2, 2014 pukul 9:06 am |
mungkin setelan koplingnya, pernah ngalamin juga.. yang sebelah kanan bak kopling itu lho setelannya. pake obeng min dan kunci pas..
April 28, 2014 pukul 12:33 am |
permisi gan ., kya nya sepi bgt 🙂 … Saya cuma mau nanya nih , sya mau modif rc100″bravo” saya jadi ala sprinter … Kira” ganti apa aja ? Btuh biaya brp ya mas ? …salam bravo 🙂
Mei 2, 2014 pukul 9:04 am |
yang perlu diganti biar mirip:
Sokbreker depan satu set sampai setangnya, kedok lampu, braket lampu, speedometer, saklar kiri kanan, kunci kontak, bodi tengah + grill tutup box filter,jok, buntut belakang, behel, lampu belakang, kunci jok, sen (4 buah)
Terlalu banyak kan?
Dan barangnya udah langka dan mahal.. selamat berburu. Maaf, ini bukan sepi.. saya udah gak aktif ngurus blognya.. 🙂
Mei 31, 2014 pukul 5:53 am |
Om klo rc100 karburator MIC pakek box filter knalpot yg cocok yg kyak gmana ya? Trimakasih
Juni 25, 2014 pukul 7:33 am |
Coba box filter standard, tapi karbu pakai tornado gs 110 (ada setelan anginnya). knalpot boleh pakai knalpot crystal tune kolong (asli tahun 92 ke bawah) 1 set sama pedal rem/footstep.Gampangnya pakai knalpot tornado gs juga. Jangan ngebut2 ya..
Juni 9, 2014 pukul 9:32 am |
banyak juga ya mas … Oya mas ,sya punya msalah sama mtor bravo sya … Sya baru beli Aki lgsung sya pasang …tp knp lampu”nya ttep ambil dr mesin ya mas ? Jd Aki nya cuma brdampak di double starter nya aja gitu mas ..smpe skrg aki nya ga kepake lg
November 26, 2014 pukul 11:40 am |
mas mo tanya soal rc 100,, klo mesin dingin sulit hidup mskipun udah tarik cuke,,
hingga ampe ganti karburasi,,,
tiap dingin atau berhenti kurang lebih 1 jam sulit hidup,, tp lok udah hidup tiap kali engkol langsung nyala,,,,
@itu apanya yg harus dicek lg ya atau dganti,,,
lok sil as kruk ciri rusaknya gmna,,,
tolong dbantu ya mas,,,,
Maret 25, 2015 pukul 8:00 am |
Coba setel pelampung karbu dulu. Periksa jarum pelampung juga. Busi basah gak kalau pagi?
Februari 11, 2015 pukul 10:30 am |
Mas kalo karburator RC 100 di pake ke FR80 bisa kaga sih? Ada yg nyaranin begitu. Makasih
Februari 11, 2015 pukul 10:31 am |
Kalo karbutator RC 100 di pake ke FR 80 bisa ga sih mas? Ada yang nyaranin begitu. Makasih
Maret 25, 2015 pukul 7:58 am |
Beda leher angsa(manifold). Rc100 pakai baut kiri kanan, FR pakai satu baut jepit di atas. Coba pakai a100 atau yamaha L2, itu pun perlu adaptasi.
April 23, 2015 pukul 2:38 pm |
mas saya pnya rc 110
masalah nya knapa kalau tiap di engkol
selalu selip pdahal semua komponen klos udh pada bru ..
minta saran nya ya mas
mkasih …
Juli 10, 2015 pukul 11:01 am |
Banyak faktornya mas.
Lebih baik bawa ke bengkel. kalau mau coba sendiri, mungkin baut setelan kopling bisa disetel. Letaknya di bak kopling, setel pakai kunci pas dan obeng min.
Juli 6, 2015 pukul 1:48 am |
pagi gan,
ane pakai RC Bravo 96, kmren abis beli karbur tornado merk Taiyo, pas dipasang putaran mesin g bisa stasioner dan klo digas langsung ngempos dan mati.
gmn cara settingnya ? mohon sharingny…
salam,
RClovers
Juli 10, 2015 pukul 10:59 am |
Yah, itu barang kw mas,
setting agak repot. coba setel pelampung dulu, lalu mulai deh sesuaikan spuyer2nya.
Setelan angin ada gak? coba angin disetel juga.
mumpung lagi pasang karbu, sekalian periksa reed valve (membran nya).
Juli 6, 2015 pukul 3:12 pm |
mas…pompa oli bocor t4 yg jual d mn ya ? uda k psar loak tp gak nmu2…
pompa oli sprinter rc 100 1989
mohon pencerahan
sya d Wonogiri
Juli 10, 2015 pukul 10:57 am |
Ke dealer mas, minta tolong beli di dealer. biasanya kita kasih dp lalu mereka pesan (indent).
Kalau gak ada, beli seal pompa oli aja, biasanya toko spare part sudah paham.
Juli 6, 2015 pukul 8:18 pm |
mas mau tanya ada yg jual intake manifold kodok buat tornado ga??
Juli 10, 2015 pukul 10:55 am |
Coba ke daerah ciledug, jakarta. semoga speedshop di sana masih jual.
Kalu gak dapat, bikin custom aja di tukang bubut / cetak babet.
Biasanya kita bawa reedvalve, karbu dan karet intake yang mau dipakai. Nanti mereka akan buat malnya, baru cetak deh.
Agustus 4, 2015 pukul 7:56 am |
maaf mas saya edo mau tanya RC 100 bagus/tidak pakai knalpot ninja
Agustus 5, 2015 pukul 2:54 am |
Mas Edo,
Lebih baik menggunakan motor sejenis saja, kalau bisa Crystal Tune thn 92/93 yang masih model kolong.
Kalau pakai ninja volume terlalu besar, performa akan lebih jelek dari standar.
Selain itu ground clearence/ jarak terendah ke tanah juga tidak sesuai. RC bukan motor tinggi seperti ninja mas, apalagi letak exhaust ada dibawah (khas motor bebek).
Silencer ninja pun tidak baik digunakan di RC. Juga terlalu besar.
Kalau memang motornya sudah modifikasi total (misal porting, exhaust tinggi, karbu besar, reed valve besar, sudah bore up) lebih baik custom alias bikin sendiri karena beli di toko belum tentu ada. Kalau mau pakai knalpot milik motor lain, cari yang cc-nya tidak terlalu jauh bedanya, misal crystal, tornado, f1z. Ingat ya, kalau sudah ganti knalpot harus setel karbu lagi, mungkin ganti pilot jet atau main jet.
Semoga informasinya membantu.
Agustus 21, 2015 pukul 4:36 pm |
mas motor rc jika oper gigi, kopling harus tetap ditahan dikit, padahal setelan kopling sudah pas, jika persneling langsung dilepas mesin langsung mati, mintak solusinya
Agustus 24, 2015 pukul 2:45 am |
Hehe.. kayak pakai kopling kaki (jedek) ya? waktu start aja kan kasusnya?
coba setel lagi setelan kopling nya, kalau tidak bisa periksa otomatis (per per diganti, lihat mangkuknya, dsb) dan ketebalan pelat juga diperiksa.
Agustus 30, 2015 pukul 3:41 pm |
lam knal min dari pmakai tornado gx batam,,,mau tanya apa gx knalpotnya lurus semua aslinya apa ada yg jenis kyak gs dalam kondisi standar pabrik
September 22, 2015 pukul 5:45 am |
Salam kenal bro..
GX memang dari sananya knalpot lurus.. GS model ‘sedikit racing’..
Tapi knalpot lurus kalau diubah model terompet plus glasswool layaknya rx king standar racing kan bagus bro..
September 11, 2015 pukul 2:16 pm |
Gan , bisa gak RC100 pake rumah2 kopling Grand ??
September 22, 2015 pukul 5:49 am |
Teman saya dulu sekitar tahun 1996 pernah ada yang rubah manual dan adopsi rumah kopling grand, tapi saya sendiri belum pernah test.
katanya harus ganjal paking di bak kopling cukup banyak.
Mungkin di jaman sekarang lebih simpel. cukup ke tukang bubut bikin adaptor (spacer) bak kopling dari alumunium dan rubah manual.
Maret 7, 2016 pukul 8:43 am
gan gimana cara agar rc 100 bisa dipasang karbu rx king atau pe28
Juni 21, 2016 pukul 2:55 am
manifold nya buat dari babet ke tukang bubut..
Kalau mau beli jadi ya sudah susah ketemunya.
Ada dua versi yang pernah saya tahu beredar di Jakarta. Yang satu racing kit team Suzuki yang dipakai oom Chia dan satunya lagi buatan lokal.
Saya punya yang racing kit, isinya pakai reed valve RM, karetnya ada dua model 26/30mm juga dari RM/ Yamaha YZ tua. Ini koleksi saya yang saya simpan buat contoh kalau mau buat yang untuk 20/24mm.
Yang buatan local dulu bisa pakai karbu king. tapi kalau pakai karbu rgr mentok blok jadi sering kebakaran.. hehe..
Memang karbu standar nya kenapa?
Maret 16, 2016 pukul 3:48 pm
mas mo tx kira” cara bikin knalpot racing rc spya bisa lebih keras gimna ya?
Mei 30, 2016 pukul 11:57 pm
Mulai main di saringan knalpotnya dulu, mampir mampir ke tukang las, cari pipa tipis untuk suara lebih garing. Tambah atau kurangi lubang, ubah panjang pipa, dsb..
Desember 9, 2015 pukul 7:08 am |
Perkenalkan saya Sony. Motor saya RC100 Bravo. Mau tanya mas, kenapa penggunaan oli samping motor saya boros banget?
Mei 31, 2016 pukul 12:20 am |
Suzuki dijamin lebih awet mas. jalur oli sampingnya banyak dan langsung ke kruk as. merek lain cuma ke karbu saja.
Kalau mau irit bikin lubang tambahan di crankcase. cara ini harus belah mesin.
Desember 11, 2015 pukul 12:01 pm |
Salam kenal, sy d surabaya, kalo mau merubah suara knalpot bravo 2002(agak ngebass) menjadi seperti rc dk (treng teng teng), apanya yg musti diganti mas, trm ksh…..
Mei 31, 2016 pukul 12:17 am |
buat model chamber mas (trompet dan glasswool)..
Januari 6, 2016 pukul 4:59 pm |
Salam kenal semua…..W pnya bravo rc100 peninggalan mertua….Tp kondisi acak2an…..Terutama pelistrikannya…..para master bisa bntu ga menjelaskan fungsi kabel2nya
Juni 21, 2016 pukul 2:48 am |
Ya beli aja kabel bodi satu set mas.. saya rasa 200ribuan sudah dapet aslinya, mungkin kurang..
April 5, 2016 pukul 6:54 am |
mas, Rc 100 kl dipasang kopling tangan apa dikepala ( totok ) nya bisa dilubangin buat taruh tuas koplingnya? kayaknya ngepres banget sama holdernya? apa holder dan seignnya bisa berfungsi ya kl dipasang kopling tangan? makasi
Mei 31, 2016 pukul 12:05 am |
bener mas.. biasanya kita korbankan fungsi sen tersebut. sama ketika pasang master rem cakram.
Agustus 8, 2016 pukul 11:44 am
Makasi gan atas jawabanx, maap bru koment lagi, rc 100 sy uda dipasangin kopling tangan, tp kl dikopling masi tetap jalan, apa oti pertanda kampas koplingnya abis,?kl kecepatan tinggi kyk ada grjala selip dan agak nahan, kl kampas abis bisa pake punya indopart gk gan apa harus Sgp? Makasi banyak gan atas jawabanx n perhatianx
Agustus 14, 2016 pukul 10:00 am
Oke mas, perlu diperhatikan juga mekanisme “setut” nya (tonjokkan). Otomatis kopling sudah dimatikan kan?
Tapi memeriksa kampas kopling adalah ide yang baik. SGP jelas lebih baik walau harga mungkin double. Ada produk daytona yang mungkin masih bisa anda dapatkan di speedshop tertentu.
April 29, 2016 pukul 3:55 am |
gan gua punya RC100 udh lama banget mati gak di pakek,, nah sekarang gua nyoba hidupin lagi udh gua lemer jadi RC110 crystal ovs 100, karbu baru, CDI dan kawan2 baru. Permasalahan nya stelah gua rakit motor sempet hidup trus selang beberapa hari skrang gak mau hidup sama skali, cuma nembak + engkol nya balik (bhasa gua “bandil”),,,,tolong di bantu gan
Mei 31, 2016 pukul 12:10 am |
yah, coba periksa pengapian, dan pasokan bensin mas.
CDI nya ori ga?
Juni 1, 2016 pukul 9:03 am |
Saya punya rx king thn 1997 tapi OS nya sudah 175 apa bisa di kasih head belimbing….
Juni 21, 2016 pukul 2:19 am |
bias aja.. bawa ke tukang bubut lalu sesuaikan diameter squish.
Juni 6, 2016 pukul 6:39 am |
mas saya mau tanya…,motor rc100 saya klo habis pemakaian tak standart tengah kok olinya merembes dikit” ya..,itu kenapa lama” makin banyak…,itu oli sampingnya ato oli mesinya..,ngrembesnya dari mesin bawah di bagian stadart tengah..,itu juga banyak olinya yang menggumpal..,
Juni 21, 2016 pukul 2:20 am |
NAh itu..
Lihat dulu sumber olinya dari mana.. biasa sih dari pompa oli samping.. Periksa deh.. 🙂
Juni 10, 2016 pukul 9:07 pm |
mas saya mau nnya , saya kan punya motor suzuki bravo rc 100 thn 87 nah motor saya itu udah lama gak di pake , terus terakhir di pake thn 2009 dan motornya udah gk di pake selama 5 thn , apa masi bisa gk mas motor saya di hidupin lagi ? / di perbaiki ?
Juni 21, 2016 pukul 2:18 am |
Bisa mas..
cuma dipastikan tangki bensin dan oli samping dikuras, lihat kondisi selangnya juga, jika perlu diganti.
Blok mesin dibongkar dan dikasih pelumas, oli mesin diganti, knalpot dan karbu dibersihkan (Servis besar).
ISi bensin, oli samping.
bensin bagus oli lancer tinggal lihat kompresi, listrik dan periksa kabel-kabel listrik. Start deh.. 🙂
Kalau ban biasanya ganti baru aja.. udah 5 thn gak dijalanin pasti karet mati mas..
Selamat mencoba..
Juni 21, 2016 pukul 4:05 pm |
apakah dudukan mesin cristal dan rc 100 bravo sama? ini ada temen jual rangka trail cristal, rencana mau saya pakai buat rc100 tahun 97 saya, bisa gak ya?
Agustus 14, 2016 pukul 10:04 am |
Seingat saya sama, hanya crystal versi 94 ke bawah punya karet mounting pada dudukan baut crankcasenya.
Juli 3, 2016 pukul 3:37 am |
Gan mau tanya, underbound variasi yang cocok untuk rc 100 apa ya gan ,minta solusinya
Agustus 14, 2016 pukul 10:02 am |
merk apa pun boleh. Buat sendiri pun bisa. Yoshimura biasanya untuk motor motor suzuki di luar negeri.
Juli 3, 2016 pukul 8:08 am |
klau motor rc 100ku aq ganti knalpot racing rainbow nanti gmana caranya
Agustus 14, 2016 pukul 10:05 am |
BAwa ke bengkel, minta setting karbu juga selain pasang knalpot.
November 17, 2017 pukul 7:43 am |
Salam kenal dari cirebon kota . Mau tanya nih . Suzuki rc100 kenapa ya klo di gas pul nge gerung … fklter dah saya pasang . Apa gejalanya di stelan olsam terlalu irit .tarikan pertama sih mtor minta nya terbang2 ajah tapi ketika tafikan panjang nya klo gas di full ngegerung
Februari 21, 2022 pukul 3:03 am |
koplingnya selip ga?
November 25, 2017 pukul 6:04 pm |
motor saya kalau gas nya ditarik kenceng terus turun gas nya telat terus kalau udah turun langsung mati itu kenapa yha
Februari 21, 2022 pukul 3:02 am |
periksa karburator, kayak gejala bensin tekor ya..
November 30, 2017 pukul 4:00 am |
baru pasang kampas kopling baru non ori…….tarikan lebih nyut tapi kok masih ada gejala selip kopling sedikit….apakah karena faktor non ori memamng seperti itu?
Februari 21, 2022 pukul 3:02 am |
per nya diganti juga kah?
Februari 17, 2018 pukul 2:10 am |
Izin bertanya mas ,saya Ricky saya punya rc 100 sprinter ,kalau mau ganti ke kopling tangan haru pakai bak kopling apa ya mas??
Februari 21, 2022 pukul 2:52 am |
di modif aja, banyak bengkel yang sudah bisa kok.
September 7, 2021 pukul 12:44 pm |
kalo rc 100 , pake karbu lokal yang bagus apa yang dan yang cocok, tapi kalo tau tempat jual karbu ori sgp daerah bandung kasih tau yah
Februari 21, 2022 pukul 2:33 am |
lebih baik beli bekas, karena bahan babet body karburator lokal jelek.
Resiko beli bekas memang ada, tapi bisa diperbaiki, misal: harus dibubut supaya rata lagi pada bagian intake manifold (atau bisa di double gasketnya), ganti isi karbu (repair kit), ganti gasket, dsb.
Banyak bengkel di bandung yang pasti bisa perbaiki.